--> Skip to main content

follow us



Heri Juniar. Agar esok hari badan kita terasa fit saat beraktivitas, tidur malam adalah saat yang paling penting di mana kita mengisi ulang energi yang telah habis terpakai seharian.

Anehnya, justru banyak orang yang justru susah untuk mendapatkan rasa kantuk itu datang, dan sulit untuk memejamkan mata. Banyak cara dilakukan agar rasa ngantuk itu datang, salahsatunya dengan mengonsumsi obat.

Dikutip dari Eating Well, berikut ini adalah daftar makanan yang bisa membuatmu dilanda rasa kantuk usai memakannya :

1. Ikan



Kebanyakan ikan adalah sumber vitamin B6 yang baik, seperti salmon dan tuna. Vitamin ini dibutuhkan untuk memproduksi melatonin atau hormon yang membuat kamu mengantuk.

2. Sayur-sayuran



Sebuah penelitian menemukan bahwa defisiensi kalsium dapat membuatmu sulit untuk tertidur. Memang sih produk susu adalah makanan yang dikenal sebagai sumber kalsium terbaik, akan tetapi sayuran seperti kale juga punya kandungan yang sama.

3. Pisang



Buah yang satu ini tinggi potasium dan merupakan sumber vitamin B6 yang baik juga. Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makan pisang berarti membantu produksi melatonin. Oh iya, untuk lebih optimal, matikan lampu saat ingin tidur karena gelap dapat memancing melatonin juga.

4. Kiwi



Menjadikan kiwi sebagai makanan ringan menjelang tidur akan membantumu cepat mengantuk menurut laporan Universitas Medis Taipei di Taiwan. Kiwi sarat dengan vitamin C dan E, serotonin, folat, yang semuanya juga dapat memberikan efek yang sama.

5. Makanan mengandung kedelai



Makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, tempe, miso, atau edamame kaya isoflavon yang merupakan komponen yang bisa meningkatkan jumlah serotonin (senyawa otak yang mempengaruhi jam tubuh). Orang dewasa yang makan dua atau lebih porsi dari kedelai setiap harinya akan tidur lebih lama dan memiliki kualitas tidur terbaik, menurut Nutrition Journal tahun 2015.

Buat kalian yang masih mengalami susah tidur, apa salahnya dicoba ya makanan diatas...
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar