--> Skip to main content

follow us



Heri Juniar. 9 peraturan baru akan diterapkan oleh UEFA di Liga Champions dan Liga Eropa Musim depan. Aturan ini ditetapkan setelah pertemuan antara Dewan FA Internasional (International Football Association Board/IFAB), yang terdiri dari empat negara dan empat perwakilan FIFA, di Aberdeen, Maret lalu.

Berikut sembilan aturan baru tersebut:

  1. Tim yang sedang mengambil tendangan bebas, pemainnya tidak boleh menyusup dalam pagar betis (defensive walls) yang berisi tiga pemain atau lebih. Sebaliknya, pemain yang timnya sedang mengambil tendangan bebas, setidaknya berjarak satu meter dari pagar betis.
  2. Tendangan gawang atau tendangan bebas di area kotak penalti tak lagi harus dilakukan dengan memastikan bola meninggalkan kotak penalti. Namun, pemain lawan tak boleh berada di dalam kotak penalti sebelum bola jadi hidup.
  3. Drop ball sekarang bisa langsung langsung diberikan ke penjaga gawang jika permainan dihentikan di dalam kotak penalti. Jika pertandingan dihentikan di luar kotak penalti, maka drop ball atau akan diberikan untuk tim yang terakhir menyentuh bola dan para pemain lain harus berjarak empat meter dari bola.
  4. Jika seorang pemain mencetak gol dengan menggunakan bagian dari tangannya, bahkan ketika dilakukan secara tidak sengaja, maka itu akan dianggap sebagai sebuah pelanggaran atau handball membuat gol dianulir.
  5. Saat menghadapi tendangan penalti, penjaga gawang kini hanya diperbolehkan meletakkan satu kakinya di garis ketika tendangan dilakukan. Penjaga gawang tidak diperkenankan menyentuh tiang, gawang, atau jaring sebelum tendangan dilakukan.
  6. Pemain pengganti wajib meninggalkan lapangan di posisi terdekatnya, tidak lagi harus meninggalkan lapangan melalui garis tengah lapangan di mana wasit keempat mengatur pergantian. Ini ditujukan agar tim tak membuang banyak waktu.
  7. Pelatih dan manajer nanti akan diberikan kartu merah dan kuning jika melakukan pelanggaran. Aturan ini telah diberlakukan di ajang Piala Liga Inggris musim ini, tapi belum di Premier League.
  8. Tim yang menang tos di awal pertandingan akan memulai tendangan kick off.
  9. Di dalam aturan UEFA, diperbolehkan menempatkan 12 pemainnya untuk duduk di bangku cadangan di pertandingan final.

Aturan terakhir dari sembilan perubahan aturan di Liga Champions ini sendiri akan sudah diterapkan di final Liga Champions tahun ini. Baik Liverpool maupun Tottenham diperbolehkan membawa 12 pemain mereka untuk duduk di bangku cadangan.
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar