--> Skip to main content

follow us

Perbedaan Blog dan Website serta fungsinya, dua istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak orang menyebutkan kata-kata ini dalam kehidupan sehari-hari kita, misalnya saja seseorang mengatakan di “blog A” atau di “website B” untuk memberitahu informasi tentang sesuatu hal.

Meskipun keduanya mempunyai fungsi yang sama, yaitu memberikan informasi kepada khalayak/public melalui jaringan internet, misalnya Olahraga, Politik, Sosial, Tekhnologi, dll. Website dan Blog merupakan layanan yang berbeda. Berikut ini adalah perbedaan keduanya.

A. Pengertian Blog dan Website


Menurut Wikipedia (wikipedia.org), Pengertian Blog adalah singkatan dari Web Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan dan dimuat sesuai postingan pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut dimuat terbalik sesuai dengan urutan waktu, postingan terbaru terlebih dahulu, kemudian disusul oleh postingan yang telah lama.

Sedangkan Situs Web/Website adalah kumpulan halaman web yang saling berhubungan dan terkait, berisi berbagai informasi berupa teks, gambar, video, suara, dll. dan ditempatkan dalam satu server domain hosting.

Dari pengertian di atas dapat kita katakan bahwa sebuah Blog adalah merupakan bagian dari Website, namun sebuah website bukan merupakan bagian dari Blog.

B. Perbedaan Blog dan Website


1. Konten/Isi

Meskipun fungsinya sama sebagai penyedia informasi, namun masing-masing mempunyai isi/konten yang berbeda.

Blog biasanya berisi tentang satu tema atau satu topik pembahasan “Niche Blog” yang paling banyak diminati pemilik blog itu sendiri. Walaupun tidak sedikit dan sering kita temui banyak blog yang membahas lebih dari satu topik bahasan/bermacam-macam topik, ini biasa kenal dengan istilah “Blog gado-gado”.

Sebuah blog dikelola oleh individu dan berisi konten berupa opini, artikel, hobi dan pengalaman pribadi atau aktivitas dari pemilik Blog.

Sedangkan konten Website berisikan konten mengenai informasi hal-hal tertentu, produk-produk tertentu atau berupa layanan-layanan tertentu. Misalnya informasi mengenai suatu perusahaan, organisasi, dsb.

2. Gaya Bahasa

Bahasa yng digunakan blog dan website juga sangat berbeda. Jika konten pada blog ditulis dengan gaya bahasa penulis itu sendiri yang cenderung sederhana, santai, lebih variatif dan bersifat personal. Dengan kata lain menggunakan gaya bahasa non formal.

Berbeda dengan blog, gaya bahasa yang digunakan pada sebuah website biasanya lebih formal dan profesional, hal ini bertujuan untuk menunjukkan citra pemilik website itu sendiri.

3. Komunikasi dan Interaksi

Komunilasi pada sebuah blog lebih interaktif, karena tersedianya kolom komentar pada setiap konten artikel yang di posting.

Sedangkan pada website, komunikasi yang terjadi cenderung hanya satu arah saja, yaitu dari perusahaan atau pemilik website ke visitor.

4. Update Time

Blog lebih bersifat dinamis, sehingga sering update konten secara berkala dan teratur. Hal ini dilakukan agar blog banyak pengunjung, menjadi lebih terkenal, lebih disukai pembaca dan tentunya bertengger di page one google.

Sedangkan website lebih bersifat statis, yaitu tidak selalu memerlukan update konten setiap harinya. Konten yang di update hanya sebatas lingkup perusahaan saja, seperti informasi-informasi penting perusahaan, visi & misi Perusahaan.

Maka dari itu, tidaklah sulit untuk membedakan website dan blog. Dengan melihat tampilan beranda depan (homepage) saja kita sudah dapat menetahuinya.

Pada Homepage blog biasanya terdapat banyak postingan artikel untuk dibaca, sementara website hanya sebatas informasi perusahaan saja.

5. Pengelola

Website biasanya dikelola, dirancang dan di desain oleh tangan ahli atau profesional dalam bidangnya, karena struktur data dalam suatu website menggunakan bahasa pemrograman, HTML, CSS, PHP Javascript dan lainnya.

Sedangkan pada blog sebaliknya, kita harus selalu ahli dalam bidang-bidang di atas. Karena banyaknya template siap pakai gratis maupun berbayar tersebar di internet.

Namun demikian tidak ada salahnya juga seorang pemilik blog mempelajari ilmu tersebut, jika suatu saat kita bosan dengan tampilan template yang kita pakai, kita bisa merubah/redesign template tersebut sesuai keinginan kita.

Jadi, dengan kita mengetahui perbedaan antara blog dan website, tujuan kita untuk membuat sebuah blog atau website tidaklah begitu sulit.

Jika tujuan kita untuk berbagi informasi, pengalaman, opini maupun berita sekeliling kita, blog adalah sebuah flatform yang cocok buat kita.

Kita bisa membuat sebuah blog dengan platform gratis, seperti blogspot dan wordpress, atau kita juga menggunakan nama domain kita sendiri, tapi tentunya ini tidaklah gratis.

Jika tujuan kita dalam membuat blog atau website untuk berbisnis misalnya, maka website adalah pilihan yang tepat untuk kita.

Demikian artikel tentang ”Perbedaan Blog dan Website serta fungsinya yang Perlu Diketahuhi”, semoga bisa menambah wawasan pengetahuan kita tentang blog dan website. Sehingga kita tahu harus memilih yang mana di antara keduanya.

Jika ada perbedaan lain yang belum termasuk di atas, silahkan beritahu lewat komentar ya.
Selamat membuat Blog dan website ya.
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar