--> Skip to main content

follow us

Liburan merupakan salah satu cara yang paling jitu dan banyak dilakukan orangn untuk melepaskan kepenatan, rasa jenuh dan bahkan stres akibat banyak serta beratnya rutinitas dan pekerjaan yang yang telah dilalui beberapa hari kebelakang.

Untuk kalangan elite (berkantong tebal), banyak dari meraka menghabiskan akhir pekan dengan cara berlibur/melancong ke luar negeri atau menghabiskan uang di pusat-pusat perbelanjaan mahal.

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan, karena di Indonesia juga terdapat banyak sekali tempat indah, menarik dan Cocok Untuk Destinasi Liburan Akhir Pekan Keluarga yang menunggu untuk segera Anda jelajahi. Mulai dari wisata laut dan pantai, pegunungan, danau, hutan, dan yang lainnya. Semua itu bisa dengan mudah kita ditemukan di negara kita.

Salah satunya adalah Tangerang yang kebetulan menjadi domisili penulis tinggal sekarang. Kenapa dengan Tangerang, dan Ada apa di Tangerang? Mungkin bagi sebagian besar orang Tangerang adalah kota yang panas, banyak berdiri pabrik, dan tentunya penuh kemacetan sebagaimana jakarta.

Padahal di Tangerang terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Tak hanya wisata alam, sejarah, hingga wahana unik nan menarik, di Tangerang juga terdapat tempat wisata yang mengusung pesona kota dan negara modern

Nah, berikut adalah daftar 9 Tempat Wisata di Tangerang yang Cocok Untuk Destinasi Liburan Akhir Pekan Keluarga, antara lain:

1.Birunya Air Nan Tenang Telaga Biru Cisoka



Wisata Telaga Biru Cigaru atau Danau Biru Cisoka merupakan wisata yang berada di Kabupaten Tangerang. Danau ini sebenarnya bukan wisata yang terbentuk secara alami, melainkan bekas galian tambang pasir yang ditinggal lama karena berhenti beroperasi sejak tahun 2015.

Dari bekas galian inilah danau itu tercipta, cekungan yang ada berubah dan membentuk sebuah telaga yang memiliki warna yang berbeda-beda (hijau, biru, atau bahkan tidak berwarna/bening) dan sangat indah (baca juga indahnya wisata alam telaga biru cisoka).

Karena memiliki keindahan alam yang berbeda dari tempat wisata lainnya, membuat danau yang satu ini unik dan tentunya layak jadi andalan wisata di Tangerang. Birunya Air Nan Tenang serta berpadu dengan kerasnya perbukitan kapur dan hijau area sawah ladang, spot yang pas untuk bersantai, meditasi, dan berolahraga.

Arena Wisata lain di lingkup sekitar danau ini yang bisa anda coba adalah naik perahu wisata. Perahu tersebut bisa anda sewa seharga Rp. 10.000/orang untuk mengelilingi danau. rasakan derunya angin dan tenangnya air danau membuat wisata makin asyik dinikmati bersama teman dekat dan keluarga.

Kini Wisata Telaga Biru Cisoka menjadi salahsatu tempat wisata yang hits dan instagramable. Namanya semakin tersohor sejak netizen mengunggah foto-foto panorama eloknya di media sosial.

2. Tebing Koja



Tempat wisata alam lainnya yang berada di Kabupaten Tangerang adalah Tebing Kopo Maja atau biasa disebut dengan Tebing Koja, terletak di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang.

Tebing Koja memang sangat artistik yang terjadi secara alamiah. Bebatuan tebing curam hasil pahatan alam berpadu harmonis dengan liukan sungai dan hijaunya sawah. Tebing berbaris yang menjulang tinggi ini menjadi tempat pilihan yang cocok untuk destinasi wisata keluarga anda di akhir pekan.

Sama seperti Telaga Biru Cisoka, wisata Tebing Koja awalnya adalah sebuah galian pasir yang ditinggalkan oleh para penambang karena sudah tidak lagi produktif, akhirnya tambang pasir ini dijadikan objek wisata oleh warga sekitar.

3. Pantai Tanjung Kait



Tempat Wisata selanjutnya adalah Pantai Tanjung Kait, letaknya berada di kecamatan Mauk ujung utara Tangerang Banten berjarak 29,5 km dari pusat Kota Tangerang.

Keberadaan Pantai Tanjung Kait yang masih kental dengan nuansa tradisional, rumah-rumah panggung yang dibuat menjorok ke laut sehingga para pengunjung bisa menikmati pemandangan indahnya pantai sambil bersantap bersama rekan dan keluarga.

Disini wisatawan bisa menyusur tepian pantai atau menyeberang ke Pulau Seribu dengan menyewa perahu yang memang khusus disediakan oleh para nelayan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang membawa rombongan cukup besar.

4. Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir



Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir merupakan tempat penangkaran buaya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Disini, wisatawan dapat melihat dan mengetahui lebih dekat dan tentunya aman bagi pengunjung, bagaimana proses pengembang biakan buaya-buaya ini. Tempat ini indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan tempat wisata lainnya.

5. Pantai Tanjung Pasir



Dengan garis pantai yang panjang, lebar dan cukup landai. Pantai Tanjung Pasir merupakan salahsatu tempat wisata terkenal di Tangerang, Meskipun airnya tidaklah terlalu jernih, dengan ombak di pantai terlihat cukup jinak, banyak pengunjung yang mencebur ke dalam air laut untuk bermain air di sana.

Di tepian pantai tersedia banyak perahu nelayan kecil yang menawarkan jasa bagi pendatang wisatawan untuk melakukan perjalanan menyebrang ke Pulau Seribu.

6. Tanjung Pasir Resort



Anda pernah mendengar atau mengunjungi Pantai Tanjung Pasir, di kawasan ini terdapat tempat wisata menarik bernama Tanjung Pasir Resort.

Tanjung Pasir Resort beralamatkan di Jl. Tanjung Pasir KM 7, Teluk Naga, Tanjung Pasir, Tangerang, Banten. Letak Tanjung Pasir Resort berjarak sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Soekarno Hatta dan 50 menit dari Kota Jakarta.

Tak hanya penginapan, di Tanjung Pasir Resort terdapat banyak fasilitas yang bisa dikunjungi, salahsatu yang paling ramai adalah tempat pemancingannya.

Di tempat pemancingan eksklusif ini Para penggemar memancing banyak yang membawa alat pancing masing-masing. Ada berbagai jenis ikan seperti ikan bandeng, ikan bawal jepang, ikan nila, atau ikan kakap putih yang bisa ditangkap kemudian sekaligus disantap di tempat.

Ikan hasil pancingan di Tanjung Pasir Resort tentunya tidak gratis, tetapi dibanderol per kilogram dengan harga terjangau, sang koki yang berpengalaman siap untuk mengolah ikan-ikan tersebut menjadi hidangan yang lezat sesuai selera.

Di kawasan seluas 42 hektar ini seakan menjadi sebuah destinasi yang menyuguhkan berbagai sarana hiburan lengkap seperti playground, lapangan basket, lapangan voli, lapangan futsal, restoran, kafe, spa, kolam renang, aula dan tempat pertemuan yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Untuk menikmati fasilitas kolam renang alias swimming pool, dikenai tiket masuk sekitar Rp 50 ribu per orang, kemudian sepeda air tiketnya Rp 50 ribu, dan perahu Rp 100 ribu. Anda bisa memakai fasilitas-fasilitas di wahana air itu sepuasnya.

7. World of Wonders Citra Raya



Wisata World of Wonders Citra Raya adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kawasan Mardigrass Citra Raya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia. Wisata World of Wonders Citra Raya sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan akhir pekan bersama rekan dan keluarga.

World of Wonders, tentunya Anda bisa menebak ada sesuatu yang lebih dari tempat wisata ini. Wahana permainan Citra Raya juga mencakup imitasi/miniatur tujuh keajaiban dunia dan wahana permainan darat lainnya yang bisa ditemui di taman bermain kesayangan Anda. Sehingga, disini Anda dan keluarga dapat menikmati suasana liburan sambil belajar.

Tujuh miniatur keajaiban dunia yang dapat disaksikan di sana. Dari Indonesia, ada replika Candi Borobudur lengkap dengan patung dewa penjaganya. Selain itu, ada juga tiruan candi utama dari kompleks Candi Prambanan. Jadi, Anda dan keluarga tidak perlu berkunjung ke Magelang atau Yogyakarta untuk mendapat gambaran umum mengenai kedua candi tersebut.

Selain keajaiban dunia dari dalam negeri, pengunjung juga dapat menamati kemegahan Tembok Besar Cina, Piramida Mesir, dan patung Sphink Agung. Menara Pisa maupun Colosseum yang aslinya berada di Italia juga bisa diamati di World of Wonders Citra Raya Cikupa. WOW Citra Raya juga tidak lupa menampilkan tiruan situs bersejarah Stonehenge yang berasal dari tanah Britania.

Selain replika keajaiban dunia, pengunjung dapat menikmati aneka wahana permainan di salah satu theme park Kabupaten Tangerang tersebut. Ada 17 permainan bertema world of wonders yang menarik dimainkan bersama keluarga. Anda bisa mencoba Mobile Gladioator, Gasing Alexandria, Ayunan Kaisar, Perahu Liberty, atau Kereta Minoan, Magic Bike, Taman Lampion, Mobil Gladiator, Keliling Dunia, dan macam-macam lainnya siap menghadirkan momen keceriaan dan kegembiraan keluarga seharian penuh.

8. Taman Wisata Teluk Naga Mas



Satu lagi ini destinasi wisata di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten yang memiliki keindahan dan potensi tiada duanya. Namanya adalah Teluk Naga Mas. Tempat ini memiliki beberapa fasilitas yang harus kamu nikmati bersama keluarga dan orang tersayang.

Taman Wisata Teluk Naga Mas yang terletak di Jalan Raya Kampung Besar, Lemo KM 2, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang menjadi salah satu tempat pilihan kunjungan mengisi liburan bersama keluarga dan orang tersayang.

Fasilitas yang ada di Teluk Naga Mas Tangerang ini beragam jenisnya. Mulai dari kolam renang hingga permainan outbond yang sudah teruji keamanannya bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Taman Wisata Teluk Naga Mas memiliki kolam renang yang terdiri dari dua kolam besar dan satu kolam kecil. Dilengkapi dengan landasan luncur (sliding ramp) atau perosotan yang berkonstruksi kokoh. Di tengah kolam juga dilengkapi dengan payung pancuran air yang menyenangkan anak-anak jika berada di bawahnya.

Aneka wahana hiburan diantaranya Waterboom, Flying Fox, Bebek-Bebekan, Menara Sejarah, kereta keliling yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat sekeliling Teluk Naga Mas. wahana tersebut menggunakan tiket berbayar selain tiket masuk yang sudah dibeli.

9. Wisata Pulau Cangkir di Kronjo



Wisata Pulau Cangkir di Kronjo Tangerang Banten adalah salah satu tempat wisata yang berada di Pulau Cangkir, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia. Bentuk dari pulau ini sendiri sangat kecil karena memiliki luas hanya 4.5 hektar sehingga dinamakan Pulau Cangkir

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Pulau Cangkir memiliki pesona keindahan Pandangan alam yang sangat, indah, menawan, dan menarik untuk dikunjungi, tak heran banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.

Banyak juga wisatawan yang datang hanya untuk berziarah ke makam Pangeran Jaga Lautan, dimana dia adalah anak dari sultan pertama Banten, yakni Pangeran Hasanudin.

Jadi, Sangat disayangkan jika anda berada di kota Tangerang tidak mengunjungi Wisata Pulau Cangkir di Kronjo Tangerang Banten yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Ternyata di Kabupaten Tangerang terdapat banyak tempat wisata juga ya, jadi kita tidak harus pergi jauh-jauh apalagi sampai mengeluarkan kocek gede untuk mengisi liburan. Apakah masih ada tempat lain di Tangerang yang perlu direkomendasikan? Silahkan koment dan tulis tempat wisata lainnya di sekitar kabupaten tangerang.

Semua catatan di atas adalah tulisan terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran.

Terima kasih.
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar