--> Skip to main content

follow us

Indahnya wisata alam telaga biru Cisoka Tangerang, solusi tepat usir penat dan jenuh. Alam adalah anugerah dan pemberian Tuhan, alam adalah tempat dimana kita hidup untuk saling berinteraksi sosial dengan alam maupun makhluk lainnya. Karena itulah kita wajib untuk mensyukuri dan menjaga nya untuk tetap indah.

Setelah seminggu tidak bisa kemana-mana hanya duduk d kursi dan meja kerja, sehingga datang rasa penat dan jenuh yang membuat bosan dengan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran.

Tersirat dalam fikiran untuk mencari angin segar, seperti suasana pedesaan yang damai, dengan udaranya yang sejuk sebagai solusi agar otak tidak stres, hati adem, pikiran tentrem dan pastinya gak bikin muka asem.

Setelah browsing di Google dan blog walking ke berbagai blog mengenai wisata alam, banyak disebutkan berbagai objek wisata alam, tapi sayang jauh-jauh tempatnya. Akhirnya saya menemukan satu tempat wisata hits di Tangerang yang cukup dekat dan terjangkau segalanya (ngirit Doku ceritanya), yaitu objek wisata telaga biru Cisoka Kabupaten Tangerang.

Cara menuju ke telaga biru Cisoka Kabupaten Tangerang



Berangkatlah bersama sang 'istri' hari Sabtu pagi jam 07.30 WIB, kebetulan posisiku berada di Serpong dan dekat dengan stasiun Serpong. Jadi saya putuskan naik transportasi umum biar tidak terjebak kemacetan.

Banyak stasiun yang dilewati KRL, dan satu kali transit. Berikut Rute dan cara menuju telaga biru Cisoka dari stasiun serpong:
  • Naik dari stasiun Serpong, stasiun yang dilewati diataranya: stasiun Cisauk - stasiun Cicayur - stasiun Parung panjang.
  • Transit di stasiun Parung panjang.
  • Dari stasiun Parung panjang naik KRL jurusan Rangkasbitung. Stasiun yang dilewati diataranya: Stasiun Cilejit - Stasiun Daru - Stasiun Tenjo - Stasiun Tigaraksa
  • Terakhir turun di stasiun Tigaraksa.
Kurang lebih 2 jam perjalanan, tibalah di Stasiun Tigaraksa, selanjutnya mencari Angkot jurusan Adiyasa - Balaraja.

Buat yang bingung nyari pangkalan angkotnya, saya kasih tahu ya biar nanti gak 'kepo' tanya sini-sini.

Keluar dari pintu Stasiun Tigaraksa, langsung belok kiri ya, lurus jalan terus sampai mentok di persimpangan rel kereta (kira-kira 300m), lalu belok kanan (kira-kira 200m) sampai ketemu minimarket Alfamart dan Indomaret. Nah pas di depan minimarket itulah pangkalan angkot satu-satunya berada.
  • Dari situ naik angkot (warnanya biru-putih) dan bayar 10K/orang,
  • Turun di pertigaan SMAN 08 Cisoka,
  • Jalan kaki atau naik Ojek (10K/orang), kalau saya sih mendingan naik ojek biar gak capek.
Kira-kira 10 menit naik ojek, sampailah di pintu gerbang lokasi wisata alam telaga biru Cisoka Tangerang. Dari atas sudah terlihat hamparan air danau berwarna hijau dan biru yang indah.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Cisoka



Buat kalian para traveler dan wisatawan yang punya rencana untuk jalan-jalan kesini, ada berita bagus nih.
  1. Tiket Masuk : Gratis (free)
  2. Jam Operasional : 07.00 - 18.00
Untuk wisatawan yang berkunjung kesini hanya dikenakan tarif parkir. Tarif parkir untuk kendaraan bermotor roda dua sebesar Rp. 2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp.10.000. Murah banget kan, apalagi kalau Tanpa membawa kendaraan 'gratis'.

Awal mula telaga Biru Cisoka Tangerang



Yang makin menambah daya tarik dari Telaga Biru Cisoka adalah adanya tiga telaga dengan warna dan kedalaman berbeda. Begitu Indah bukan?

Telaga Pertama, berada paling depan atau saat tiba ke tempat ini dan melewati pintu masuk, Anda langsung menemui telaga dengan air hijau jernih dengan kedalaman 25 meter (menurut warga).

Telaga kedua, kecantikan dan keindahan alamnya juga luar biasa. Warnanya biru, begitu jernih dan bersih dengan kedalaman 15 meter. Dan Telaga ketiga, airnya pun biru, bersih, dengan kedalaman 20 meter.

Tahu gak sih, ternyata di balik keindahannya, telaga ini memiliki kisah di balik biru dan hijauya air telaga. Dari cerita salah seorang warga sekitar, menurutnya telaga ini bukanlah telaga yang terbentuk secara alami, namun awalnya bekas galian pasir pada tahun 1999 - 2005.

Namun karena proses alamiah membuat bekas penggalian pasir tersebut mulai digenangi oleh air, dan membentuk tiga telaga dengan kedalaman yang berbeda,

Warga sekitar menamai telaga ini dengan nama 'Telaga Biru Cigaru' karena airnya yang berwarna biru dan sering berubah-ubah warna dan berlokasi di desa Cigaru. Terkadang berwarna biru, hijau, dan lain waktu berwarna bening jernih kekuning-kuningan.

Salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan warna di telaga biru adalah terletak pada tingkat keasaman airnya. Selain tingkat keasaman, faktor lainnya yang mempengaruhi adalah keberadaan dari alga ganggang yang bisa berubah warna saat terkena sinar matahari langsung.

Karena tingkat keasaman yang tinggi, maka setiap pengunjung dilarang untuk berenang di lokasi telaga Biru untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Karena pemandangannya yang indah, pada bulan Mei 2015 telaga biru Cisoka dengan luas total 4 hektar ini dijadikan lah objek wisata oleh warga Cisoka.

Keberadaan telaga biru Cisoka juga membawa berkah tersendiri bagi para warga sekitar, dan dijadikan sebagai lahan bisnis kecil-kecilan dengan membuka beberapa warung rokok dan kopi, warung makan, jajanan dan souvenir, sebagai tempat beristirahat dan bersantai para wisatawan yang datang.

Keindahan Wisata Telaga Biru (Danau Cisoka)



Selain ketiga danau dengan kedalaman dan warna yang berbeda-beda, yang paling menarik dari telaga biru adalah warna air yang jernih, biru, dan sering berubah-ubah warna hingga berubah menjadi bening jernih atau tak berwarna.

Buat para Instagramable, di lokasi objek wisata Danau Biru terdapat spot foto yang indah banget.

Ketika melewati pintu masuk area Wisata Telaga Biru Cisoka, kalian akan melihat dua telaga. Telaga pertama yang berada di sebelah kiri dari arah pintu masuk yang memiliki warna dominan hijau dengan memiliki backgroud pepohonan hijau yang semakin menambah keindahan telaga tersebut.

Telaga lainnya di sebelah kanan dari arah pintu masuk yang memiliki warna biru dengan background tebing pasir yang berwarna putih bekas galian tambang pasir.

Dengan keindahan alam seperti itu, maka tidak heran kalau tempat Wisata Telaga Biru Cisoka sangat cocok untuk dijadikan lokasi proses dokumentasi pribadi dan foto-foto prawedding karena memiliki spot-spot yang sangat indah dan instagramable.

Bukan hanya itu, jika kalian menjelajahi setiap sudut di Objek Wisata Telaga Biru Cisoka, kalian juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas oleh pengelola.

Satu diantaranya adalah naik perahu, hanya dengan Rp. 10.000/orang, di atas perahu tersebut terdapat spot fhoto yang cantik yang bisa kalian pergunakan untuk Selfi maupun fhoto bareng Ama temen-temen kalian.

Fasilitas lainnya adalah perahu bebek (Goes), tidaklah mahal karena hanya dengan Rp 20.000 kalian sudah bisa mengelilinga setiap sudut Telaga Biru Cisoka berdua dengan pasangan dan mendapatkan spot-spot foto yang hits dan instagramable.

Waktu saya kemarin berkunjung kesana, Telaga Biru Cisoka sedang dalam tahap perkembangan, penambahan fasilitas dan arena bermain lainnya. Nantinya akan ada wahana permainan air dengan tema pantai buatan berikut bangunan mirip perahu untuk melengkapi objek wisata alam ini. Juga akan hadir lebih banyak tempat makan, dan souvenir khas Cisoka.

Ternyata capek juga ya jalan-jalannya. Buat kalian yang mempunyai rencana akhir pekan ini, bisa kalian coba untuk datang ke telaga biru cisoka Tangerang. Dijamin seru dan menyenangkan pokoknya, dan pastinya hilang rasa penat dan jenuh kalian.

Sampai disini dulu ya cerita indahnya wisata alam telaga biru Cisoka Tangerang, solusi tepat usir penat dan jenuh, selamat berakhir pekan. Terimakasih telah berkunjung.
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar