--> Skip to main content

follow us


Uero 2012. Timnas Spanyol merebut gelar Kejuaraan Eropa 2012 setelah mematahkan perlawanan Italia 4-0 di Stadion Olimpiade Kiev, Minggu 1 Juli 2012 waktu setempat (Senin dini hari WIB) kemarin. Jumlah gol yang dilesakkan Fernando Torres dan kawan-kawan ke gawang Gli Azzurri ini menciptakan sejarah baru, yaitu kemenangan terbesar di final, ini membuat La Furia menorehkan banyak rekor.

Spanyol unggul segalanya saat menumbangkan Italia pada laga yang berlangsung di Stadion Olimpiade Kiev. Tim besutan Vicente Del Bosque itu tampil tanpa celah dan sudah unggul dua gol di babak pertama melalui David Silva dan Jordi Alba.

Gol pembuka kemenangan Spanyol saat melawan Italia dicetak oleh David Silva pada menit 14. Disusul oleh gol Jordi Alba di menit 41 untuk menutup keunggulan 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua, La Furia Roja semakin mengganas dengan sumbangan gol Torres di menit 84 dan Juan Mata tiga menit kemudian. Akhirnya, skor 4-0 untuk Spanyol berakhir hingga peluit panjang dibunyikan.

Pemain terbaik Euro 2012 dan tok skor Piala Eropa 2012

Keputusan tim teknis UEFA yang terdiri dari 11 orang, mengungkapkan bahwa Iniesta (28 tahun) memang tidak mencetak gol dalam laga tersebut. Dia tercatat hanya melepaskan satu tembakan yang mengancam gawang Italia, namun dia tampil cukup impresif sepanjang Euro 2012. Yakni mencatat 78 umpan dengan 57 di antaranya tepat sasaran, didukung daya jelajah sejumlah 9627 meter dalam membantu lini tengah El Matador.

Sementara pada daftar top skor Piala Eropa 2012 nama Fernando Torres bersanding dengan Mario Balotelli, Mario Mandzukic, Cristiano Ronaldo, Mario Gomez, dan Alan Dzagoev yang masing-masing mencetak 3 gol sepanjang perhelatan Euro 2012.

Namun Fernando Torres terpilih menjadi top skor Piala Eropa 2012 mengingat regulasi UEFA yang menetapkan, apabila ada pemain yang mempunyai jumlah gol yang sama, maka UEFA akan menerapkan seleksi tahap berikutnya. Yakni dengan meninjau jumlah assist serta menit bermainnya. Semakin sedikit pemain tersebut bermain untuk timnya, maka semakin besar kesempatannya meraih gelar top skor.

UEFA telah menetapkan urutan daftar pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2012 sebagai berikut :

Fernando Torres: 3 gol- 1 assist- 189 menit
Mario Gomez: 3 gol- 1 assist- 282 menit
Alan Dzagoev: 3 gol- 0 assist- 253 menit
Mario Mandzukic: 3 gol- 0 assist- 270 menit
Mario Balotelli: 3 gol- 0 assist- 331 menit
Cristiano Ronaldo: 3 gol- 0 assist- 480 menit
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar