--> Skip to main content

follow us


Uero 2012. Spanyol akhirnya sukses merebut satu tiket ke final Piala Eropa 2012, Kepastian tersebut didapat di laga yang berlangsung di Donbass Arena Rabu, 27 Juni 2012 atau Kamis dini hari WIB. Setelah bermain imbang selama 120 menit, La Furia Roja sukses menang 4-2 lewat adu penalti.

Sejak menit pertama Portugal bermain cepat, merusak umpan Spanyol, yang membuat Casillas dan kawan-kawan harus memainkan bola-bola panjang, yang sebenarnya bukan ciri khas Spanyol.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama. Sejak menit awal Portugal bermain cepat, merusak umpan Spanyol, yang membuat Casillas dan kawan-kawan harus memainkan bola-bola panjang, yang sebenarnya bukan ciri khas Spanyol.

Spanyol terlihat tak bisa mengembangkan permainan seperti biasanya. Portugal sanggup meredam skema taktik yang diterapkan Spanyol, tekanan Portugal membuat Spanyol sulit menciptakan peluang.

Portugal sudah memberi ancaman bagi Spanyol di menit pertama saat tendangan pojok melengkung Miguel Veloso meluncur kea rah gawang Iker Casillas. Namun kiper Spanyol tersebut mampu menepisnya dan menghasilkan sepak pojok kedua bagi Portugal.

Spanyol balik mengancam. Kerjasama para pemain di kotak penalti diakhiri sepakan terukur Alvaro Arbeloa yang masih melambung di menit sembilan. Semenit kemudian, giliran Andres Iniesta yang mendapati sepakannya juga melambung.

Namun tekanan Portugal mengendor di perpanjangan waktu. Para pemain Portugal tampak letih, di sisi lain Spanyol masih terlihat segar dan mereka bisa memanfaatkan situasi ini dengan menggedor pertahanan Portugal.

Penampilan Pepe dan Patricio yang prima membuat peluang-peluang Spanyol gagal menjadi gol.

La Furia Roja (julukan Spanyol) kembali mendapat kesempatan apik di menit 28. Umpan David Silva menemui Iniesta di dalam kotak penalti. Meski dihadang dua pemain, gelandang Barcelona itu masih mampu melepaskan sepakan melengkung yang tipis berakhir diatas mistar gawang Rui Patricio.

Dua menit berselang, giliran Cristiano Ronaldo yang mendapat peluang. Umpan dari Joao Moutinho diakhiri dengan tendangan kaki kiri sang kapten yang masih menyamping dari gawang Casillas. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Babak kedua, sang juara bertahan bisa tampil lebih baik. Tapi sang lawan, Portugal, masih tampil disiplin dan tak memberikan ruang sedikit pun untuk Spanyol mengembangkan permainan. Berkali-kali Portugal mendapatkan peluang serangan balik setelah bisa mencuri bola di lapangan tengah. La Roja baru terlihat lebih mendominasi di babak perpanjangan waktu.



Babak perpanjangan waktu, Spanyol lebih banyak mendominasi peluang yang tercipta. Iniesta nyaris mencetak gol di menit 103 kala menerima umpan silang Jordi Alba. Beruntung kiper Portugal sigap mengantisipasi datangnya bola.

Dua menit kemudian, tendangan bebas Sergio Ramos juga masih berakhir tipis diatas mistar gawang Portugal yang membuat extra time pertama tetap berakhir imbang tanpa gol.

Di 15 menit kedua, Spanyol juga menciptakan beberapa peluang berbahaya. Namun karena ketidak tenangan para pemain mereka, laga harus diakhiri dengan adu tendangan penalti.

Bagi Spanyol, ini akan menjadi penampilan ketiga di babak final turnamen besar dunia.

Dalam babak final Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, Spanyol berhasil menang di partai puncak.

Di babak final Piala Eropa 2012 Spanyol akan menghadapi pemenang pertandingan Jerman-Italia yang digelar di Warsawa, Polandia, hari Kamis malam (28/6) atau Jumat dini hari 01.45 WIB di layar RCTI.

Babak adu penalti



Di babak adu penalti, Spanyol akhirnya keluar sebagai pemenang setelah sepakan Joao Moutinho dan Bruno Alves gagal bersarang di gawang Iker Casillas. Spanyol pun akhirnya melaju ke partai puncak setelah tendangan terakhir Cesc Fabregas meluncur mulus ke gawang Rui Patricio.

Data Pertandingan :

Portugal : 0-0 : Spanyol

Adu penalti :

Portugal 2Moutinho xPepe OBruno Alves x
Spanyol 4Alonso xIniesta OPique ORamos OFabregas (O)
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar