--> Skip to main content

follow us

Portugal akhirnya menjadi tim pertama yang meraih babak semifinal Euro 2012 setelah mengandaskan perlawanan Ceko 0-1, Jumat (22/6/12) dini hari WIB, lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo. Bagi Portugal sendiri, ini adalah kali keempat mereka mampu mencapai babak semifinal dalam sejarah Piala Eropa.

Seleccao julukan Portugal, pertama kali mencapai babak semifinal Euro pada tahun 1984. Kala itu, Euro masih terisi dua grup dimana negara di posisi dua teratas berhak melaju ke babak semifinal. Portugal saat itu duduk di posisi kedua klasemen akhir Grup B setelah meraih empat poin. Namun di semifinal, Portugal harus menyerah 3-2 atas Prancis.

Semifinal kedua Portugal diraih di tahun 2000 setelah mengandaskan perlawanan Turki di perempat final. Sayangnya hasil kali ini tetap tak berpihak pada Portugal karena mereka lagi-lagi ditundukkan Prancis di semifinal.

Ketiga, Portugal meraihnya tahun 2004 silam di kandang sendiri. Sukses mengalahkan Inggris dalam babak adu penalti, Portugal melanjutkannya dengan menumbangkan Belanda di semifinal untuk kemudian ditaklukkan Yunani di partai puncak.

Menarik untuk ditunggu, apakah kesuksesan Portugal lolos ke babak semifinal ini akan diakhiri dengan trofi juara di akhir turnamen, mengingat lawan mereka di semifinal nanti adalah Spanyol/Prancis.

Pada Pertandingan kemarin, pemain timnas Portugal, Luis Nani, mengakui timnya sempat kesulitan untuk mengalahkan Republik Ceko 1-0 di babak perempat final Kejuaraan Eropa 2012, Kamis 21 Juni 2012 waktu setempat (Jumat dini hari WIB).

Hasil ini mengantarkan Seleccao das Quinas ke semifinal yang akan digelar di Donbass Arena, Rabu 27 Juni 2012 waktu setempat (Kamis dini hari WIB). Mereka akan menghadapi pemenang antara Spanyol melawan Prancis.

Nani mengaku tidak khawatir dengan tim yang akan dihadapi Portugal di semifinal. Pemain Manchester United ini percaya rekan-rekannya mampu kembali menampilkan permainan terbaik.

"Kami sangat siap menghadapi pertandingan di semifinal. Ronaldo berhasil mencetak gol lagi, dia sangat penting untuk tim kami," lanjutnya optimistis.

Selama Kejuaraan Eropa 2012, Nani selalu tampil sebagai starter. Ia dipercaya pelatih Portugal, Paulo Bento, untuk mengisi posisi sayap kanan.
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar