--> Skip to main content

follow us

Secara resmi situs FC Barcelona sudah mengkonfirmasi, bahwa Tito Vilanova akan menjadi pelatih baru Barcelona, menggantikan Pep Pep Guardiola mulai musim depan. Adapun Guardiola sendiri masih tetap menjadi arsitek Barca, hingga final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao di Vincente Calderon, markas Valencia pada 25 Mei mendatang.

Tito Vilanova atau yang bernama lengkap Francesc “Tito” Vilanova i Bayo ini lahir pada 17 September 1969, merupakan mantan pesepak bola yang bermain sebagai gelandang tengah. Saat ini Tito bekerja sebagai asisten manajer Barcelona, dimana selama menjabat karirnya di Barca, klub telah memenangkan 13 gelar.

Selama karirnya sebagai pesepak bola profesional, Tito Vilanova memang tidak memiliki prestasi yang luar biasa. Hal itu terbukti selama masa karirnya tersebut dia cuma pernah bermain 26 kali bermain di Liga Utama Spanyol dan selebihnya bermain di Liga Divisi Satu dan Liga Divisi Dua.. Tito Vilanova sendiri sebelum menjadi asisten pelatih di Barcelona, pernah menjabat sebagai direktur teknis di Terrassa FC dan kemudian menjabat sebagai asisten pelatih tim cadangan klub Barcelona yang sering juga disebut FC Barcelona B yang bermain di liga Divisi Keempat Spanyol selama satu musim.

Pada musim berikutnya, setelah kepergian Frank Rijkaard, akhirnya menunjuk Pep Guardiola menjadi manajer tim utama, dan kemudian membawa Tito menjadi asisten manajer yang merupakan pasangannya sebelumnya saat melatih FC Barcelona B.


Vilanova yang kini berusia 42 tahun akan melatih Barca musim depan. Guardiola akan mundur dari Nou Camp di akhir musim kompetisi ini. Baik Guardiola maupun Vilanova sama-sama punya skema melatih pemain muda Barca. Keduanya telah menjalin kerjasama selama empat tahun. Ketika Guardiola ditunjuk sebagai pelatih tim Barcelona B pada 2007, Vilanova ditunjuk sebagai asisten pelatih.

Bersama dengan Guardiola, Vilanova bahu membahu bekerja keras memenangi 13 trofi dalam empat tahun. Jika saja Barcelona mempertahankan filosofinya, pilihan logisnya bahwa Tito Vilanova akan menjadi pelatih baru. Mereka (Guardiola dan Vilanova) telah bertemu dan bekerjasama di La Masia, keduanya menganggap La Masia sebagai rumah. Mereka menghabiskan waktu dengan bermain bersama di Barcelona. Sejak itu, ketika Pep Guardiola menjadi manager Barcelona B, ia berpaling kepada Vilanova, sahabat lamanya.

Ketika Guardiola bertanya, apakah dia (Vilanova) ingin bergabung dalam petualangan ini, Vilanova langsung menjawab ‘oke’. Pembawaannya tenang meski ia sosok genius yang hebat meracik strategi. Anda mungkin tidak sampai berpikir soal kepribadian Guardiola. Ia tidak akan menerima tugas menjadi manajer Barcelona bila ia tidak melihat ada sisi tantangannya,” katanya.

Profile :

Nama Lengkap : Francesc "Tito" Vilanova i Bayo
TTL: 17 September 1969
Klub semasa bermain :
Barcelona B, Figueres, Celta, Mallorca, Lleida, Badajoz, Elche, Gramenet.
Riwayat Kepelatihan :
(2007-08) Barcelona B (asisten)
(2008-12) Barcelona (asisten)
(2012-...) Pelatih Barcelona
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar