--> Skip to main content

follow us

MotoGP. Juara Dunia MotoGP Casey Stoner mengejutkan dunia olahraga khususnya para fans MotoGP setelah mengumumkan kalau dirinya akan pensiun dari dunia balap pada akhir musim 2012. Artinya, pembalap Repsol Honda tersebut tidak akan membalap di kejuaraan MotoGP mulai musim 2013.

Stoner memutuskan gantung helm usai musim 2012 ini berakhir. Alasan utama Pembalap muda yang kini berusia 26 tahun ini merasa telah kehilangan minat untuk membalap di MotoGP kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan regulasi yang tidak stabil di balapan motor kelas primer dan memang perubahan tersebut sudah dikeluhkannya sejak lama, bukan disebabkan oleh kelahiran putri pertamanya sehingga ia dapat meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarga.

Dalam jumpa pers pada Kamis, sebelum seri Grand Prix Prancis, Casey Stoner mengatakan: “Setelah lama berpikir dan membicarakannya dengan keluarga dan istri saya selama beberapa tahun, pada akhir musim 2012 ini saya tidak akan membalap dalam kejuaraan ini untuk tahun 2013. Saya akan menyelesaikan karir saya di MotoGP pada akhir musim ini, dan saya akan melanjutkan pekerjaan saya dengan aktivitas yang berbeda.

“Setelah bertahun-tahun membalap di olahraga yang saya cintai ini, setelah banyak pengorbanan yang dilakukan keluarga saya untuk membalap di MotoGP… setelah bertahun-tahun mencoba meraih pencapaian di titik ini, olahraga ini telah banyak berubah dan itu sudah mengubah keadaan dimana saya tidak lagi bisa menikmati balapan. Saya tidak memiliki gairah untuk melakukannya dan pada saat ini lebih baik bagi saya untuk pensiun.

“Ada banyak hal yang sudah mengecewakan saya, dan juga mengubah banyak hal yang saya cintai dalam olahraga ini, tetapi sayangnya keseimbangan olahraga ini berada di arah yang salah. Juga, pada dasarnya, kami tidak ingin melanjutkannya lagi. Mungkin akan menyenangkan kalau saya akan membalap satu tahun lagi tetapi kemudian dimana saya akan berhenti? Jadi kami sudah memutuskan untuk menyelesaikan semuanya sekarang.”

Karir balapan Casey Stoner di kelas MotoGP :
  • Pada tahun 2006 bersama tim satelit Honda setelah sebelumnya bermain di kelas 125cc, debut pertamanya di Sirkuit Donington (2001) dan kelas 250cc.
  • Pada musim 2007 ia mampu menjadi juara dunia bersama tim Ducati. Stoner mengakhiri musim MotoGP 2011 berhasil ia capai setelah memenangkan 10 race MotoGP 2011 bersama tim Repsol Honda. Hingga kini, ia sudah mampu mengoleksi 35 kemenangan di kelas premier.
"Casey telah mengumumkan bahwa tahun 2012 akan menjadi tahun terakhirnya di MotoGP. Mari berharap dia mempunyai tahun yang fantastis," kata tim Honda dalam akun Twitternya, pada Kamis.
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar