--> Skip to main content

follow us


Heri Juniar. Selesai sudah kisah fantastis Pep Guardiola bersama Barcelona. Tepat pada Jumat, 27 April 2012, pelatih 41 tahun itu mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir musim nanti.

Kepastian tersebut diungkapkan Presiden Barcelona, Sandro Rosell, dalam jumpa pers di Barcelona.

Pada kesempatan itu hadir sejumlah pemain Los Azulgranas. "Pep Guardiola tidak akan terus memimpin tim musim depan. Terima kasih untuk Pep atas kebahagiaan yang telah dia bawa dan model permainan sepakbola yang tidak bisa diragukan lagi," ujar Rosell.

Pada kesempatan yang sama, Guardiola menjelaskan alasannya meninggalkan Barcelona. Dia mengaku membutuhkan waktu istirahat setelah empat tahun bertugas memimpin El Barca.

"Saya ingin kalian mengerti kalau ini bukan keputusan yang mudah buat saya. Tapi saya akan berusaha menjelaskan perasaan saya. Saya minta maaf atas kebingungan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir," ujar Guardiola.

Empat tahun Guardiola menukangi Barcelona. Dan tidak bisa disangkal kalau pria yang sebelumnya menangani Barcelona B itu layak disebut sebagai salah satu entrenador tersukses yang pernah hadir di Camp Nou dengan menyumbangkan 13 trofi.

Segudang prestasi plus rekor telah digoreskan Guardiola bersama Barcelona. Salahsatu rekor yang paling dikenang tentu di musim pertamanya. Dia menjadi pelatih termuda El Barca yang di musim pertamanya langsung memberikan treble-winner pada 2009 silam.

Di bawah instruksi Guardiola, Barcelona menjadi salah satu tim terpoduktif di kancah La Liga. Sepanjang musim ini, tim yang berbasis di Camp Nou telah mengemas 150 gol di semua kompetisi. Torehan impressif ini hanya berjarak delapan gol di tahun pertamanya pada 2008/09. Guardiola sanggup mengantarkan skuadnya mencetak 158 gol.

Sejak diambil alih Guardiola, Barcelona selalu bisa mencatatkan gol lebih dari angka 150 setiap musimnya. Kecuali pada 2009/10 di mana Barcelona hanya mampu mengemas 138 gol. Tapi musim berikutnya, capaian grafik gol Barcelona kembali menanjak, menyentuh 152 gol di semua ajang kompetisi.
Baca Juga

Artikel Terkait Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar